8 Cara Menaikan Rating Website (Blog) 99% Berhasil

12 Shares

Panduan membangun & menaikan rating blog atau website secara online

Rating website, blog bukan hanya tentang traffic pengunjung, rating lebih pada rangking untuk kualitas situs. Rating blog tinggi bisa dinilai dari usia name domain, jumlah konten, kualitas konten, desain website, dll.

 

8 Cara Menaikan Ratings website

Tip dan trik rekomendasikan untuk membangun rating website yang benar secara bertahap khususnya blog baru

1.) Riset keyword Turunan

Proses awal dalam membangun dan menaikan rating website lewat pembuatan konten atau artikel, tentunya harus melewati tahapan riset keyword sehingga konten yang kita buat tepat sasaran kepada user, seperti apa yang dibutuhkan user, dll.

Jika situs adalah baru (< 1 tahun), sangat disarankan mengambil keyword longtail yang persaingan ringan sehingga konten bisa tayang di halaman 1 lebih cepat, ini bertujuan mendapatkan traffic secara organik dalam waktu singkat namun On-target.

Baca:  Riset keyword Potensial Banyak dicari Orang di Ahrefs

2.) Fokus Dalam 1 Nice

1 hal terpenting dalam menaikan rating website secara benar dan cepat adalah hanya mengambil 1 topik utama, artinya blog kamu hanya menyajikan konten 1 kategori (nice), contoh: “kategori resep masakan jawa”, isi semua konten hanya membahas seputar itu dan beberapa konten yang masih relevan.

Mesin pencari terutama Google akan memberikan rating bagus untuk website dengan pembahasan 1 topik secara lengkap dan mendalam.

Disclaimer: Sementara kita tidak membahas tentang konten gado2, karena ini membutuhkan sumber daya dan waktu yang cukup lama guna membangun atau menaikan rating, kecuali yang dibuat langsung oleh perusahaan kelas Raksasa.

3.) Konsisten Update Konten

Konsisten dan berkelanjutan menjadi kunci keberhasilan dalam membangun rating blog secara Online, dimana kebanyakan blogger pemula sering gagal dalam tahapan ini.

Banyak sekali alasan diantaranya salah memilih topik, yang bukan hobi atau ahlinya sehingga akan bosan dikemudian hari, atau konten hanya membuat yang dangkal = low quality.

Mulai sekarang luangkan waktu untuk update konten secara konsisten dengan info terbaru berdasarkan topik masing2.

website yang memiliki banyak konten hanya dalam 1 bulan terus berhenti tidak mungkin mengalahkan yang sudah jalan selama ber tahun2 walaupun jumlah konten sedikit, dan terus update secara berkala.

4.) Buat konten berkualitas

Jangan berharap naik rating Jika hanya memiliki konten yang jelek, orang tidak akan mau spend waktu membaca atau membaginya.

Jadikan konten sebagai solusi atas masalah user atau berikan informasi berguna, fresh. Jika sudah terlanjur di publish silahkan di evaluasi ulang dan edit segera.

Baca:  Cara Menulis Artikel / Konten Blog yang SEO Friendly

5.) Tingatkan speed loading website

Ini menjadi point penting dari segi teknis, dimana user / pengujung website akan kecewa diawal karena loading website lama, pastikan load time < 3 second. Upgrade Hosting, atau pindah ke server yang lebih cepat seperti mode VPS.

Baca:  Cara Optimalkan Wordpress Speed Loading Cepat < 3 detik

6.) Pasang Feedback rating

Website yang dibangun dengan CMS WordPress telah memiliki plugins (Multi rating) untuk membuat feedback berupa rating bintang sebagai indikator, yang bisa diberikan langsung oleh pengunjung website secara live dan real untuk menilai kualitas konten yang disajikan.

Panduan membuat reviews atau rating bintang: Baca disini.

7.) Aktif menjawab Komentar

Komentar dalam artikel menjadi nilai tambah dimana user bisa memberikan gagasan baru atau bertanya? atas apa yang tidak disampikan dalam konten, ini menjadi info tambahan yang penting kepada semua user.

Google akan menilai lebih dan memberikan rating terhadap konten yang memiliki diskusi yang bermanfaat + relevan.

8.) Branding lewat Sosial media

Sosial media: facebook, Instagram, twitter menjadi tempat berkumpul semua orang saat ini, bangun nama brand disana buat grup, halaman sebagai media share atas konten yang ada di website. kumpulkan orang2 yang memiliki minat atas topik yang kamu buat.

Sosial signal seperti comment positif, like, jumlah share akan menambah nilai rating website secara Online.

__ SELESAI.

Editor: | Update: November 1, 2018


Baca Juga:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *