Cara SEO YouTube jadikan Video banyak View & Tranding

Belajar Cara SEO untuk Video YouTube

Hallo Youtuber, Ingin belajar Cara SEO Youtube untuk perbanyak total view, jadi masuk tranding topic & jumlah subscribe (berlanggan) pada chanel, disini kamu akan dapatkan materi SEO khusus untuk video Youtube.

Teknik / Cara SEO Video pada media Youtube memang sedikit beda dengan SEO konten / Blog pada umumnya dimana optimasi video akan lebih simple Namun perlu kreatifitas tinggi + Full Konsisten.

 

Tentukan kategori channel

Tanpa panjang lebar langsung masuk materi saja mas & mba gan !, Kategori chanel Youtube sangat penting untuk mulai membangun branding jenis video apa yang akan dibuat, Ingat dimana kamu harus fokus pada 1 nice / topik video yang akan dibuat (create konten video).

Contoh:

Ini adalah Video tutorial beajar bahasa inggris / english (youtuber asli indonesia)

Ket: Kualitas konten video diatas, bagus & menarik namun dari sisi SEO kurang Optimal karena jenis channel gado2, al-hasil hanya video tertentu saja yang mendapatkan views > 2M & video lainya mlempem!.

 

Panduan SEO Video Youtube

Terus apa yang harus agan kerjakan supaya video youtube bisa banjir view, viral & tranding? OK, pelan2 kita akan berikan tips, teknik – cara optimasi Video lewat SEO, sebelumnya kita harus sampaikan sistem rangking pencarian media youtube.

6 Faktor video youtube bisa tampil di urutan no.1 saat penonton mencari adalah:

  1. Jumlah views, semakin banyak di tonton orang semakin bagus untuk seo
  2. Waktu rata2 durasi tonton harus > 50-80% dari durasi video, ini bisa cek didashboard chanel  video.
  3. Komentar, jangan abaikan komentar karena sistem youtube akan menganggap video berkualitas jika video memiliki banyak komentar baik setuju / haters.
  4. like: pastikan video memiliki likes lebih banyak dari pada dislike
  5. Total Share: Video youtube memiliki fitur share ke sosila media / embed video, ini merupakan jalan terbaik untuk menjadikan video viral.
  6. Subscribe: ini menjadi sangat penting dimana total jumlah subscribe akan memudahkan video cepat dapat views & viral.

Setelah paham faktor video youtube bisa tayang dihalaman pertama / No.1 selanjutnya langsung ke tahap Selanjutnya__

 

Lengkapi Info Channel 

Ayo mulai dengan awal yang baik, jadikan channel Youtube terlihat profesional, karena ternyata tampilan channel yang lengkap juga menjadi pertimbangan pihak Youtube untuk “mengangkat” posisi video kita.

Lengkap data akun media sosial atau website (jika ada), Link ini akan muncul di bagian “About” dalam channel.

Menambahkan gambar, logo, serta gambar dinding yang berukuran lebih besar, jangan lupa tambahkan deskripsi tentang channel agan!. Dalam deskripsi ini kita bisa mencantumkan tujuan pembuatan channel / penjelasan tentang tema video yang banyak diangkat.

 

Buat Playlist Video

Playlist bisa dikatakan kategori video dalam channel, dimana berujuan untuk mengelompokan video dengan tema topik yang sama.

Playlist ini juga akan membuat video kita muncul dalam daftar “related video” dari video populer yang kita masukkan dalam playlist tersebut, sehingga nilai CTR video akan semakin tinggi & bagus untuk SEO.

 

Riset Keyword High Traffic

No.1 adalah sebelum mulai membuat video baru adalah harus mulai dengan proses riset keyword potensial berdasarkan tujuan ( full trafik / konversi ), Tools riset keyword yang digunakan: Ubersuggest.

Kamu bisa tonton video cara riset keywords untuk video youtube disini:

Baca:  VIDEO: Cara riset keywords Baik & benar

 

Optimalkan Konten Video

Rekomendasi gunakan alat perekam video kualitas resolusi terbaik / HD, Audio jelas (jernih & enak didengar) dan mengandung beberapa keyword atau kata kunci yang ditarget didalamnya.

Contoh kasus:

Ibu ani sedang buat video topic masakan, kebetulan sedang membuat video tentang cara goreng tempe mendoan enank, keyword yang ditargetkan “cara goreng tempe mendoan” maka didalam video harus ada kalimaat audio / suara yang menyebutan kata cara menggoreng tempe mendoan enak, dll.

Kamu bisa edit video sebelaum di Unggah / Upload untuk memastikan video memiliki kualitas terbaik, kecuali video live.

 

File Video HD

Kualitas wajib HD, suara jernih dan tidak mengandung noise, format file: MP4, Mpeg, Dll. Durasi waktu video kondisional menyesuikan jenis topik.

Info software edit video terbaik yang bisa kamu coba untuk maksimalkan kreativitas video youtube:

https://carisinyal.com/aplikasi-edit-video-untuk-pc/

 

Durasi waktu video

Jika durasi video total 5 Menit , maka sebaiknya penonton menyaksikan video rata2 diatas waktu 2 Menit, ini artinya video bagus, namun sebaliknya jika hanya ditonton beberapa detik saja (close) , maka sistem YouTube akan mengganggap video tidak berkualitas / menarik.

Berapa rata2 minimal waktu durasi video youtube ideal & bagus untuk SEO ?

Hasil ujicoba / riset banyak dari video yang muncul pada halaman pertama hasil pencarian Youtube, panjangnya lebih dari 5 menit.

Ingat waktu durasi video YT tetap dinamis / kondisional tidak ada potokan pasti mengalir saja berdasarkan jenis konten, jika memiliki video cukup panjang bisa dipecah / bagi beberap video session #1,2,3 & seterusnya dengan durasi waktu: 5 – 15 menit / video.

Info: Untuk anlisa & melihat rata-rata durasi views sebuah video pada Dashboard Analytics Channel YouTube agan.

 

Judul video youtube menarik 

Buat judul video yang singkat namun mengambarkan semua isi konten secara real dan relevan, cara & format penulisan sama dengan optimasi SEO judul pada pembuatan konten artikel biasa:

Baca:  Cara Menulis Artikel / Konten Blog yang SEO Friendly

Penting: Judul video, Gambar Thumbnail adalah faktor penting untuk Optimasi SEO, dimana yang pertama kali dilihat calon pengunjung adalah Gambar Thumbnail + Judul.

» Rekomendasi tools gratis untuk membuat Thumbnail Video youtube menarik & unik: https://www.canva.com/id_id/membuat/thumbnail-youtube/

Panduan penulisan judul & Gambar Thumbnail Video :

  • Upload Gambar Thumbnail Manarik + Clean.
  • Judul mengandung kata yang membuat penasaran namun tidak klik-bait
  • Panjang karakter 35 – 55
  • Dalam kalimat judul ada terdapat 1 keyword (kata kunci) untuk keperluan SEO.

 

Deskripsi Video Lengkap

Meta deskripsi video / konten keterangan merupakan ringkasan singkat yang mewakili semua isi konten video, di dalam menulis deskripsi sampaikan informasi tagline / sub isi / alur video. Panjang karakter: 150 – 500 kata, (Optional).

Buat juga: hastag dan Tag, contoh: #SeoYoutube #seo #caraSEOVideo, jumalh maksimal 4-5, fungsinya untuk memudahkan pencarian dan keperluan SEO.

Conroh:

Kualitas konten video

Pada point ini cukup sulit & tidak mudah, karena perlu kreativitas & jam terbang untuk membuat 1 video yang memiliki kualitas bagus & bermanfaat untuk penonton baik dari segi pengetahuan, hiburan.

Tips: buat topik channel berdasarkan hobi atau keahlian masing2 sehingga isi dari konten video youtube nantinya benar berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan secara keilmuan.

 

Subscribe & views Video

Semakin banyak user yang subscribe maka jika agan akan terbitkan video baru jumlah view akan cepat banyak, Tapi subscribe harus jenis loyal –> ini hanya bisa dibangun lewat 1 Nice channel.

Dapatkan view & subscribe itu tidak instan tentunya perlu proses & waktu, fokus saja pada membuat konten yang bermanfaat / menghibur seiring waktu akan naik jumlah view & subscribe.

Cara sederhana perbanyak subscribe channel youtube?

Cobalah untuk mengajak para penonton untuk melakukan klik tombol subscribe dibagian kanan bawah + tekan lonceng notifikasi sehingga kalau ada video baru langsung dapat notif pertama. Segmen / frame video ajakan ini bisa slipkan pada awal video diputar / bagian akhir,

OK lanjut …

Selama video bagus & target penonton tepat sasaran maka semua akan berjalan lancar, kita semua tahu youtuber indonesia yang terkenal dengan konten seperti:

  • ria ricis
  • atta halilintar

Tidak dalam 1 malam langsung populer, semua juga perlu perjuangan keras & berat, Namun jika kita paham sedikit tentang optimasi video youtube lewat SEO maka akan lebih mudah dapatkan jumlah view.

Video tidak hanya tayang di media Youtube namun akan tampil di hasil pencarian Google & bisa dapat posisi / rangking 1.

 

Bangun Sosial media

Setelah channel youtube mulai jalan, maka untuk mengembangkan jalur traffic / views bisa manfaatkan media sosial seperti facebook page & instagram, silahkan pilih satu saja.

Setelah upload video baru jangan lupa langsung share ke sosmed, ini menjadi jalan video bisa viral & akhirnya tranding di canal youtube.

 

Penutup

  • Buatlah konten video original, hasil karya sendiri, sehingga aman untuk jangka panjang + Google Adsense.
  • Fokus pada topik, jangan Upload video yang tidak relevan jika ingin serius Optimasi lewat SEO.
  • Berikan konten video yang menarik, bermanfaat dan mendidik.

__Semoga bermanfaat & Selamat buat video yang bagus2 ya Gan!

3 thoughts on “Cara SEO YouTube jadikan Video banyak View & Tranding

  1. Avatar for Erlangga dari channel pemulaErlangga dari channel pemula

    Kalo maksimal bikin hastag itu 4-5 , misal ada yang yang bikin hastag 10 misalnya apa yang akan terjadi??

    Reply
  2. Avatar for BohimBohim

    Berapa Volume pencarian dan kompetitor keywords yg masih relevan untuk dibuat konten bang?

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      Untuk volume tujuan Trafik > 2k dan untuk tujuan selling > 500

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *