Cara Analisa Tingkat Kesultan, Persaingan keywords


Analisa jumlah kompetitor, Tingkat kesultan, pesaing kata kunci [keywords]
Tujuan utama dalam riset keywords, salah satunya adalah ingin mendapatkan data apakah keyword yang di optimasi memiliki persaingan ringan atau berat sehingga kita akan tepat dalam strategi SEO yang diterapkan.

 

Tingkat persaingan keywords:

  1. Low – Ringan
  2. Medium – Sedang
  3. High – Tinggi (Sulit).

 

Sebelum membahas lebih dalam tingkat persaingan kata kunci, berikut adalah 5 faktor indikator keywords:

  • Jumlah Total persaingan
  • 10 besar situs page one
  • Jumlah pengiklan Google Ads
  • Trends
  • Volume pencarian.

 

Penjelasan:

1.) Jumlah total situs pesaing pada index Google, Pesaingan keyword dikatakan ringan jika jumlah situs yang menargetkan keyword di bawah 1 juta, namun ini hanya sekian % sahaja. Contoh:

Hasil penelusaran google : 11.300.000, hasil Data diatas adalah jumlah kompetitor atau website pesaing keywords yang kita bidik kata kunci sama. ini berarti keyword “jasa seo” tingkat persaingan higt (sulit).

Tentunya ini akan diperkuat faktor lainya, bayangkan jika harus bersaing dengan para pakar & webmaster di Indonesia.

2.) 10 besar website page one, pada tahap ini menjadi analisa panjang dimana harus analisa minimal 3-4 situs sample yang ada di page one: 2 pada bagian atas & 1 pada bagian bawah sendiri.

Check setap sample situs secara detail dan mendalam mulai dari: umur website, speed load time, desain tampilan, kualitas konten, alur pembahasan konten, jumlah backlink, PA & DA, sosial media signal.

  • Analisa umur web gunakan: https://archive.org/ Website yang memiliki umur diatas 3 – 5 tahun (aktif publish) akan semakin membuat sulit dikalahkan.
  • Speed loading pakai tools: Pingdom & google Insight
  • Desain tampilan gunakan: Mobile friendly test
  • kualitas konten harus analisa secara menual (membutuhkan pengalaman seo mendalam)
  • Check jumlah backlink, PA & DA, sosial media signal:

Gunakan tools riset: KW FINDER

NOTE: Hasil data Keyword SEO Difficulty diatas bisa menjadi estimasi, namun ini bukan data valid dengan real karena adanya faktor lainya.

Bandingkan hasil analisa semua blog sample di atas, kenapa bisa tayang di halaman rangking 1,2,8. sampai disini kita telah memiliki gambaran seperti apa model situs yang tayang di halaman satu. Contoh & experimen, buat situs kamu lebih bagus, lengkap dengan sudut pandang beda.

READ :  Cara Memahami Arti Keyword yang dicari lewat Google

3.) Google ads, semakin banyak iklan Google ads maka persaingan akan semakin sengit dimana ini berbading lurus Trends pasar saat itu.

Gunakan juga tools gratis Google trends untuk analisa pasar.

Ambil data 3 bulan tarakhir: Trends naik (ini bagus), dapat juga lokasi yang paling signifikan untuk target bidik pasar yang bagus di optimasi. Biasanya para agensi seo membaca peluang ini untuk di optimasi lebih dalam sehingga persaingan akan ketat.

4.) Volume pencarian, ini menjadi acuan minat orang berdasarkan keyword, dimana semakin banyak jumlah akan semakin bagus. > 10 ribu = persaingan (medium -> sulit).

kesimpulan

Gabungkan 4 point diatas, untuk menentukan tingkat persaingan keywords. perlu di ingat setiap waktu persaingan akan naik / turun tergantung trend & permintaan pasar.

Jika ada pertanyaan bisa tulis di form komentar. __THANK.

 


Updated: October 14, 2019