Cara Riset Keyword Potensial di Google

22 Shares

Panduan Riset kata kunci – Keyword Google Potensial

Target audiens, pengguna atau pelangganAdalah data2 colon pelanggan yang tertarik untuk mengunjungi situs, mendapatkan informasi dari situs Anda, membeli sesuatu atau memesan layanan yang disediakan, Penentuan yang tepat dari target audiens adalah kunci keberhasilan bisnis.

Contoh

  1. Jenis kelamin, usia, status perkawinan
  2. Lokasi
  3. Pendidikan, tempat kerja
  4. Keuangan dan status ekonomi
  5. Dll.

Pemahaman calon pengguna Anda akan sangat membantu untuk menyiapkan bahan, gambar, artikel yang paling cocok dengan permintaan pengguna.

Langkah ini akan meningkatkan kualitas konten situs dan sebagai peluang untuk mendapatkan pengguna yang lebih relevan.

 

Pemilihan keyword

Keywords pilihan, Bagaimana pelanggan menggunakan Google dan mesin pencari lainnya? ya, mereka mengetikan kata-kata (kata kunci pendek) atau frasa (kata kunci panjang) di kolom pencarian Google, yang akhirnya akan klik link & masuk ke website bisnis anda.

Mengapa perlu memilih kata kunci? Ini akan membantu Anda untuk mengoptimalkan SEO situs bisnis, terutama pada konten semua halaman dan posisi halaman dalam hasil pencarian Google akan lebih tinggi atau rangking terbaik.

Posisi tinggi = lebih banyak visitor Anda dapatkan, Cara dan metode bagaimana memilih kata kunci untuk situs bisnis anda.

 

1.) Brainstorm

Pikirkan tentang situs Anda untuk sementara waktu. Kata kunci apa yang dapat digunakan untuk orang-orang bisa menemukan situs Anda di Google? Tuliskan semua kata kunci.

Jika Anda memiliki beberapa jenis barang atau jasa, cobalah untuk membuat group kata kunci per kategori.

 

2.) Google Search

Google dan mesin pencarian lainnya memberikan kesempatan yang baik untuk memperbanyak daftar kata kunci longtail untuk situs bisnis Anda. Seperti ada banyak Google tools untuk penyaranan kata kunci (Google suggest)

Kami akan menggunakan rekomendasi Google related, penelusuran terkait pada bagian bawah hasil penelusuran Google

3.) Tools Riset keywords

Tool SEO untuk kata kunci, Google sendiri memiliki tool yang rumit dan kuat, tetapi sedikit memilih kata kunci untuk promosi.

Menggunakan tool ini Anda dapat memasukkan URL situs Anda dan mendapatkan ide-ide Google tentang kata kunci yang baik untuk situs Anda.

Google keywords planner, Ubersuggest, Google trends dan Tools KW everywhere, dll.

 

4.) Google Analytics

Google Analytics dan Google Console, Kita gunakan untuk analisa evaluasi, memeriksa informasi kata kunci yang paling populer atau kata kunci yang kurang populer pada situs bisnis Anda, yang mengarah pelanggan untuk menemukan dan mengunjungi situs Anda.

Catatan: hasil evaluasi, kinerja, informasi keywords dari tools Google analystics atau Google console membutuhkan waktu 3 – 6 bulan kedepan.

 

5.) Kata kunci website pesaing

Mencari data pesaing atau kompetitor bisnis Anda di Google selanjutnnya akan melakukan beberapa hal:

  • Memeriksa html-code: Title, Keywords, Description, h1 – h3 tag dari situs pesaing dan penggunaan kata kunci dari pesaing Anda.
  • Kami akan menggunakan layanan seperti: Alexa.com dan SEMRush, guna mendapatkan data keywords yang digunakan, volume trafik + hasil rangking yang telah dicapai.
  • Data ini sangat diperlukan sebagai salah satu acuan menentukan strategi SEO kedepan.

Note: Tahap Riset keywords ini kami lakukan pada saat Projects SEO telah berjalan minimal 2 bulan kedepan.

 

6.) Keywords Hasil laporan & saran Google Ads

Anda bisa mendapatkan tambahan varian kata kunci dan memasukkan informasi tentang trends pasar, kinerja situs, keywords potensial dari laporan Google Ads atau saran awal saat riset keywords.

 

keywords Long tail

memperluas daftar kata kunci seperti menggunakan kata kunci kombinasi, sinonim, misprints.
Karena setiap pelanggan menggunakan permintaan pencarian yang berbeda, seperti kata-kata misprints dan menggunakan kombinasi kata-kata yang berbeda.

 

1.) Longtail Keywords / Turunan

Membuat daftar kata kunci turunan / Longtail akan mendapatkan lebih banyak pelanggan, Sebagai contoh: rental mobil murah di surabaya, rental mobil murah di surabaya lepas kunci, dll.

Dengan lebih dari 1 kata untuk kata kunci (keyword long tail) merupakan keyword kurang kompetitif dan efek SEO akan jauh lebih baik.

Optimasi SEO longtail / turunan keywords akan lebih cepat untuk dapatkan trafik secara organik, sebelum keywords utama tercapai.

 

2.) Sinonim dan singkatan

Sinonim dan singkatan untuk daftar kata kunci, ini akan membantu untuk mendapatkan pelanggan tambahan untuk situs Anda. Sebagai contoh:

Kata kunci: notebook

Kata varian tambahan untuk dijadikan kata kunci seperti: netbook, MacBook, Chromebook, pc portabel atau menggunakan kata dalam bahasa gaul.

 

3.) Kombinasi Kata

Menggunakan kombinasi dari kata kunci, akan menggunakan kombinasi untuk kata kunci Anda. Anda bisa mencoba skema ini:

murah – …………….. – di Jakarta
baru – notebook – asus …
digunakan – netbook – acer
terbaik – …………….. – pengiriman gratis.

 

4.) Salah Ketik

Salah ketik dapat menghemat uang Anda!, Ketika pelanggan sedang mencari sesuatu, mereka sangat sering melakukan salah ketik,misalnya: Notebook, Notbook, Nottebook, Noteboo

Penggunaan salah ketik akan mendorong situs Anda ke atas pada hasil pencarian dengan effort yang mudah dan waktu super cepat.

 

Brainstorming

Kata kunci SEO dan cek query pencarian, Cari kata kunci dan permintaan pencarian memiliki arti yang berbeda. Yang berbeda adalah bahwa pelanggan menggunakan permintaan pencarian di Search Engine untuk mencari informasi, barang atau jasa.

Hal-hal utama di sini adalah untuk memeriksa semua kata kunci yang Anda miliki setelah brainstorming dan penelitian.

Jika tidak ada permintaan pencarian tersebut atau jumlah kurang dari 30 permintaan pencarian per bulan, Anda harus menghapus kata kunci tersebut dari daftar.

 

Volume Persaingan

Jumlah situs atau halaman dalam Indeks Pencarian Google, Periksa jumlah situs atau halaman di Google terkait dengan kata kunci SEO.

Jumlah yang besar dari situs dan halaman hasil pencarian menunjukkan bahwa kata kunci SEO ini kompetitif dan akan memakan banyak waktu dan uang.

Rekomendasi kami akan memilih kata kunci dengan jumlah tidak begitu besar, namun memiliki trends / peminat cukup tinggi bagi usaha anda.

 

KW pendek & panjang

Kata kunci SEO yang relevan dan paling efektif, Tergantung pada tujuan Anda, memilih kata kunci untuk SEO yang paling relevan dan perspektif dari daftar yang Anda punya.

Kata kunci ini akan membawa Anda banyak pelanggan dan tidak akan mengambil banyak waktu dan uang untuk Optimasi SEO dan promosi. Minggu demi minggu, Anda dapat memperbanyak daftar kata kunci SEO.

Editor: | Update: Juni 6, 2020

Baca Juga:

2 thoughts on “Cara Riset Keyword Potensial di Google

  1. Avatar for Arman MulyadinArman Mulyadin

    Barokallah, informasi bermanfaat. Semoga jadi amal kebaikan mas, saya lagi belajar SEO, dan bertemu dengan artikel ini, sukses selalu

    Reply

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *