Cara meningkatkan CTR untuk SEO Blog (Traffic Melimpah)

16 Shares

Ilustrasi hot CTR Google search

Apa pengertian CTR?

CTR (click through rate) adalah jumlah klik dari total tayang, CTR akan mudah didapatkan ketika Blog sudah berada dihalaman 1 Google.

Ilustrasi CTR: Hasil jumlah penayangan situs untuk kata kunci di google sebanyak 1000x. Blog atau website anda mendapatkan klik sebanyak 40 kali. Maka CTR dari website anda adalah (40/1000)*100, yaitu : 4%.

 

CTR untuk SEO Blog

Apakah CTR perpengaruh pada rangking & SEO? Moz: Jika sebuah website memiliki peringkat di posisi 5, tetapi mendapatkan Klik yang lebih banyak daripada yang Rangking #1.

Google dapat memutuskan untuk memberi peringkat pada web tersebut ke peringkat yang lebih tinggi karena banyak orang yang tertarik dengan situs tersebut.

Fokus: Meningkatkan persentase CTR Blog pada Google Search dengan tujuan dapatkan trafik maksimal, melimpah, potensial + Perkuat SEO.

 

Rumus menghitung CTR

Jumlah tayang / 1000 x 100 = % CTR.

Semakin tinggi persentase CTR website / blog, maka semakin besar peluang website bertahan di halaman 1 google & menjadikan peringkat situs terus naik sampai rangking terbaik = #1.

 

4 Cara meningkatkan CTR di SERP Google

1. Meta Title (Judul)

Optimasi Judul (Meta title) konten menjadi kunci utama, Hal pertama sebelum user berkunjung ke blog adalah baca Judul, Penting: Calon visitor hanya akan klik judul (masuk ke blog) apabila pas dengan yang dicari atau yang menarik, unik, jelas.

Point utama-nya adalah sisipkan kata-kata yang mampu mendorong calon pengunjung untuk mengklik website. Misalnya : Cara terbaru, 100% Berhasil, Gratis, dll.

2. Buat Meta Deskripsi

Manfaat utama dari Meta Deskripsi sebagai penguat judul, memberikan informasi yang paling penting dari sub2 konten yang dibahas.

3. Bangun Brand & Kepercayaan User

CTR bisa lebih baik jika ditopang dengan situs yang telah memiliki nama brand kuat dan dapat dipercaya, contoh: situs news detik.com rangking #3 akan lebih banyak dapat klik dari pada situs news ABC rangking #1.

4. Domain LTD + SEO Friendly

Pastikan Nama domain singkat, enak dibaca, mudah tulis dan mengandung unsur Branding (SEO friendly). Gunakan domain LTD ini akan menjadikan user lebih percaya. Panduan memilih nama domain yang bagus:

Baca:  Cara Pilih Domain Bagus untuk Blog & SEO Google

 

Contoh CTR:

Dari 3 hasil uji coba penelusuran Google diatas dengan kata kunci “Kursus SEO”, Mana yang menjadikan anda tertarik untuk “KLIK” No.1,2,3 ?

Jawab: No.1 – No.2

Nilai CTR No.1 & 2 akan naik dan mendapatkan trafik lebih banyak dibandingkan no.3. Panduan membuat konten Blog High % CTR:

Baca:  Cara Menulis Artikel / Konten Blog yang SEO Friendly

 

Kesimpulan

CTR yang bagus akan menjadikan SEO semakin kuat, mendapatkan traffic melipah & mempertahankan posisi di Google, tentunya ini harus di imbangi dengan kualitas konten yang disuguhkan + ide2 baru.

CTR tinggi: Pertahankan rangking terbaik di halaman Google

Jangan menipu user / visitor lewat cara KlikBait (Informasi yang menyesatkan) hanya mengejar jumlah klik.

Konten yang tidak memberikan pengalaman terbaik serta informasi yang benar2 apa dibutuhkan user, Ingat sistem Google akan mengetahui, salah satunya lewat Bounce Rate {rasio pentalan} yang Tinggi diatas 70%.



Baca Juga:

10 thoughts on “Cara meningkatkan CTR untuk SEO Blog (Traffic Melimpah)

  1. Avatar for Mama-PapaMama-Papa

    Saya ada artikel masuk di peringkat 5, pernah masuk di tiga tapi diturunkan lagi. Mungkin di hasil pencarian menampilkan tanggal dimana tanggal tersebut postingan yang sudah lama, apakah bisa saya ubah url nya ke postingan baru? tetapi isinya tetap sama sehingga menampilkan tanggal baru juga. Jadi saya redirect 301 permanent ke postingan yang baru tersebut. Soalnya sudah saya hilangkan tanggalnya tetap masih muncul di hasil pencarian.

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      silahkan diupdate & ubah tanggal terbaru, nanti google akan index ulang

  2. Avatar for Agus PuryantoAgus Puryanto

    web saya men target “lowongan Surabaya” & “lowongan kerja Surabaya”. cukup lama bertahan di halaman 1. tp beberapa bulan ini kok drop trafficnya. kira2 kenapa ya?

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      untuk keyword loker google cukup selekti saat ini, pastikan situs agan memberikan info loker yang falid + tambahkan cuplikan kaya khusus Job steet.

  3. Avatar for Riki PamungkasRiki Pamungkas

    Dulu ada sih artikel yang pageone dan sekarang malah kena salib sama yang web baru….udah rombak artikel juga masih kalah..kira kira butuh apa lagi ya?

    Reply
    1. Avatar for AndreasAndreas

      Progree SEO tentunya membutuhkan waktu untuk recovery dan perbaikan rangking…pastikan konten lengkap, dan optimasi title secara tepat. sering waktu akan go Page one again.

  4. Avatar for Berita teknologiBerita teknologi

    Mas mau nanya, kan ane ada artikel pageone urutan 1, nah misalnya ane tambahin 1-2 kata di akhir judul asli apa gpp? Dan apa gpp jg kalau nambahin beberapa kata dan link di artikel tersebut ?

    Reply
    1. Avatar for AndreasAndreas

      jika perubahan itu perlu dan menjadi lebih bagus dari sisi SEO / info user itu bagus…untuk perubahan serp Google rangking gak akan pengaruh asalkan tidak merubah URL atau isi konten.

  5. Avatar for MasjhuMasjhu

    Jadi seo on page itu penting ya sob. Soalnya saya ga paham apa itu definisi seo, fungsi dan sebagainya.. Yg saya tau menulis artikel seperti ngajak ngobrol visitor biar akrab hehe

    Reply
    1. Avatar for AndreasAndreas

      Pada dasarnya SEO onpage adalah seni menyampaikan informasi (konten) yang dibutuhkan user / visitor, pada intinya kita paham apa yang kita tulis, untuk siapa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *