Cara meningkatkan CTR untuk SEO Blog (Traffic Melimpah)

Ilustrasi hot CTR Google search


Apa pengertian CTR?
CTR (click through rate) adalah jumlah klik dari total tayang, CTR akan mudah didapatkan ketika Blog sudah berada dihalaman 1 Google.

Ilustrasi CTR: Hasil jumlah penayangan situs untuk kata kunci di google sebanyak 1000x. Blog atau website anda mendapatkan klik sebanyak 40 kali. Maka CTR dari website anda adalah (40/1000)*100, yaitu : 4%.

 

CTR untuk SEO Blog

Apakah CTR perpengaruh pada rangking & SEO? Moz: Jika sebuah website memiliki peringkat di posisi 5, tetapi mendapatkan Klik yang lebih banyak daripada yang Rangking #1.

Google dapat memutuskan untuk memberi peringkat pada web tersebut ke peringkat yang lebih tinggi karena banyak orang yang tertarik dengan situs tersebut.

Fokus: Meningkatkan persentase CTR Blog pada Google Search dengan tujuan dapatkan trafik maksimal, melimpah, potensial + Perkuat SEO.

 

Rumus menghitung CTR

Jumlah tayang / 1000 x 100 = % CTR.

Semakin tinggi persentase CTR website / blog, maka semakin besar peluang website bertahan di halaman 1 google & menjadikan peringkat situs terus naik sampai rangking terbaik = #1.

 

4 Cara meningkatkan CTR di SERP Google

1. Meta Title (Judul)

Optimasi Judul (Meta title) konten menjadi kunci utama, Hal pertama sebelum user berkunjung ke blog adalah baca Judul, Penting: Calon visitor hanya akan klik judul (masuk ke blog) apabila pas dengan yang dicari atau yang menarik, unik, jelas.

Point utama-nya adalah sisipkan kata-kata yang mampu mendorong calon pengunjung untuk mengklik website. Misalnya : Cara terbaru, 100% Berhasil, Gratis, dll.

2. Buat Meta Deskripsi

Manfaat utama dari Meta Deskripsi sebagai penguat judul, memberikan informasi yang paling penting dari sub2 konten yang dibahas.

3. Bangun Brand & Kepercayaan User

CTR bisa lebih baik jika ditopang dengan situs yang telah memiliki nama brand kuat dan dapat dipercaya, contoh: situs news detik.com rangking #3 akan lebih banyak dapat klik dari pada situs news ABC rangking #1.

4. Domain LTD + SEO Friendly

Pastikan Nama domain singkat, enak dibaca, mudah tulis dan mengandung unsur Branding (SEO friendly). Gunakan domain LTD ini akan menjadikan user lebih percaya. Panduan memilih nama domain yang bagus:

READ :  Cara Pilih Nama Domain Yang Bagus

 

Contoh CTR:

Dari 3 hasil uji coba penelusuran Google diatas dengan kata kunci “Kursus SEO”, Mana yang menjadikan anda tertarik untuk “KLIK” No.1,2,3 ?

Jawab: No.1 – No.2

Nilai CTR No.1 & 2 akan naik dan mendapatkan trafik lebih banyak dibandingkan no.3. Panduan membuat konten Blog High % CTR:

READ :  Cara Menulis Artikel Blog Berkualitas + SEO Friendly

 

Kesimpulan

CTR yang bagus akan menjadikan SEO semakin kuat, mendapatkan traffic melipah & mempertahankan posisi di Google, tentunya ini harus di imbangi dengan kualitas konten yang disuguhkan + ide2 baru.

CTR tinggi: Pertahankan rangking terbaik di halaman Google

Jangan menipu user / visitor lewat cara KlikBait (Informasi yang menyesatkan) hanya mengejar jumlah klik.

Konten yang tidak memberikan pengalaman terbaik serta informasi yang benar2 apa dibutuhkan user, Ingat sistem Google akan mengetahui, salah satunya lewat Bounce Rate {rasio pentalan} yang Tinggi diatas 70%.

 

Updated: December 26, 2018