Panduan lengkap Google Search Console ( Webmaster Tools )

Tools SEO GRATIS dari Google yang ditujukan untuk webmaster (pemilik blog atau website).

Layanan ini membantu webmaster yang ingin website-nya teroptimasi dan memiliki struktur yang sesuai dengan aturan-aturan dan rekomendasi search engine Google (on-page) & Offpage.

Fitur Unggulan Webmster Tools / Google console adalah mengidentifikasi halaman-halaman duplikat, halaman-halaman yang tidak ditemukan (404), melihat status indeks sampai dengan menganalisa CTR (click through rate) di halaman pencarian.

 

Cara Mendaftar

Mendaftar (gratis) untuk bisa memakai layanan ini. Buka link URL: https://www.google.com/webmasters/tools/home?hl=in dan masuk (login) menggunakan akun gmail Anda.

Pilih tombol sebelah kanan atas “Add a property”

Masukan Url / link website (blog ) -> tombol “Add”.

 

Verifikasi kepemilikan website

Selanjutnya Anda akan diminta untuk melakukan verifikasi kepemilikan website. dengan cara memasukan kode verifikasi ke dalam website. Pilih “Alternate Methods > Html Tag”

Copy kode verifikasi ke website / blog WordPress, dengan bantuan Plugin SEO : All in one seo pack. Untuk website / blog lainya bisa langsung copy kode Html Tag (Semua) dibagian sebelum tag </head>.

Setingan lewat plugin SEO All in seo one pack, Pengaturan umum > Verifikasi Webmaster:

Jika sudah, klik save.

Kemudian balik lagi ke Google Search Console, klik “Verifikasi”.

Selesai.

Setelah melakukan verifikasi diatas, Website Anda akan langsung aktif.

 

Fitur Google Search Console

8 menu utama yang bisa Anda explore dan cukup penting yaitu :

  1. Dasbor (Dashboard)
  2. Pesan (Messages)
  3. Tampilan Penelusuran (Search Appearance)
  4. Lalu Lintas Penelusuran (Search Traffic)
  5. Google Indeks (Google Index)
  6. Perayapan (Crawl)
  7. Masalah Keamanan (Security Issues)
  8. Sumber Daya Lainnya (Other Resources).

 

Dashboard

Ikhtisar (rangkuman) dari statistik website. Statistik yang tampil disini biasanya adalah “Kesalahan Perayapan”, “Telusuri Analytics”, Crawl Error, Search Analytics dan “Peta Situs”.

Pesan (Messages)

Notifikasi isu-isu penting terkait dengan website Anda.

Abaikan pesan ini jika dianggap kurang penting atau bisa tanyakan di forum Google webmaster.

 

Tampilan Penelusuran (Search Appearance)

Tampilan Penelusuran terdiri dari beberapa sub-menu mulai dari Data Terstruktur, Kartu Rich, Penyorot Data, Penyempurnaan HTML, dan Laman Seluler yang Dipercepat.

Data Terstruktur (Structured Data)

Sub-menu ini menampilkan data terstruktur dari website Anda (berdasarkan Schema.org) yang terdeteksi oleh Google. Data terstruktur biasanya dipakai untuk menampilkan hasil pencarian yang lebih user friendly di search engine. Data terstruktur yang paling sering ditampilkan adalah breadcrumb.

Kartu Rich (Rich Cards)

Kartu Rich memberikan opsi tampilan yang lebih variatif di search engine, yaitu dalam bentuk carousel & rating bintang / reviews Google search.

Baca:  Cara Buat Rating Review Bintang Google di Wordpress
Penyorot Data (Data Highlighter)

(Data Terstruktur dan Kartu Rich), Penyorot Data digunakan untuk merubah rich snippet yang tampil di hasil pencarian Google secara manual tanpa harus merubah kode/script yang ada di website Anda. fitur ini jarang digunakan secara lansgung.

Penyempurnaan HTML (HTML Improvements)

Penyempurnaan HTML memperlihatkan masalah-masalah yang terjadi di website Anda ketika robot Google melakukan crawling dan indexing. 3 elemen penting yang disorot di sub-menu Penyempurnaan HTML ini adalah :

  • Judul (Title problems): Masalah pada Judul/Title di website Anda, seperti duplikat title tag, title yang terlalu pendek, title yang terlalu panjang, title yang hilang dan sebagainya.
  • Deskripsi (Meta description problems): seperti meta deskripsi yang duplikat, meta deskripsi yang terlalu pendek, dan sebagainya.
  • konten yang tidak terindex (Non-indexable content): konten yang tidak terindex di website Anda seperti video, gambar, dan sebagainya.
Laman Seluler yang Dipercepat (Accelerated Mobile Pages)

(Accelerated Mobile Pages) atau biasa disingkat AMP adalah proyek open source terbaru dari Google yang bertujuan untuk membuat website menjadi lebih ringan dan cepat ketika diakses dari perangkat mobile.

Jika Anda sudah menerapkan AMP di website Anda, maka di sub-menu ini Anda akan melihat jumlah halaman AMP yang sudah di indeks oleh Google, termasuk halaman-halaman AMP yang terdeteksi mengalami error.

Note: Fitur ini bersifat Optional, biayasanya yang menggunakan mode AMP situs News / berita atau blog informasi lainya.

 

Lalu Lintas Penelusuran (Search Traffic)

Lalu Lintas Penelusuran mempunyai 6 sub-menu yaitu Telusuri Analytics, Tautan ke Situs Anda, Tautan Internal, Tindakan Manual, Penargetan Internasional dan Kebergunaan Seluler.

Telusuri Analytics (Search Analytics)

Fitur paling penting yang ada di Google Search Console, data statistik kunjungan (trafik) yang masuk ke website mulai dari kueri atau kata kunci yang digunakan pengunjung, jumlah klik, rasio klik-tayang (RKT) atau yang lebih dikenal dengan istilah CTR, hingga posisi/peringkat website Anda di search engine untuk tiap-tiap kata kunci.

Data diatas akan didapat minimal blog yang berumum 3-6 bulan / yang sudah mendapatkan trafik secara Organik dari Google.

Dari hasil data yang ada, bisa menjadi acuan dalam perbaikan konten, penempatan dan pembuatan konten selanjutnya.

Tautan ke Situs (Links to Your Site) / Backlinks

Data-data tentang Total jumlah Backlink yang masuk ke website, memberikan list data halaman website yang paling banyak mendapat backlink dan anchor text – anchor text dari backlink.

Dai hasil data backlinks diatas kamu bisa hapus yang dianggap kurang relevan atau memiliki kualitas buruk. Cara hapus backlink harus hubungi situs terkait.

Tautan Internal (Internal Links)

Data internal link (link antar halaman) di website Anda.

Tindakan Manual (Manual Actions)

Jika ada peringatan tindakan manual disini, berarti website Anda terindikasi web spam dan harus siap ‘bersih-bersih’ agar terhindar dari penalty / pelanggaran Google.

Baca Juga: Update Algortima Google terbaru !!!

Penargetan Internasional (International Targeting)

Menargetkan pengunjung website Anda berdasarkan setelan lokasi dan bahasa, Di sub-menu ini ada 2 tab yaitu “Bahasa” dan “Negara”. silahkan pilih lokasi user anda.

Jika ingin menargetkan pengunjung (user) negara khusus, silahkan di check list dan pilih negara sedangkan untuk universal biarkan defaut. Pastikan bahasa konten situs anda mendukung dengan penargetan negara / :Language.

Kebergunaan Seluler (Mobile Usability)

Menampilkan halaman di website yang masih belum mobile-friendly disertai dengan permasalahannya. Isu yang sering terjadi berkaitan dengan kebergunaan seluler adalah :

  • Elemen yang dapat diklik terlalu berdekatan satu sama lain
  • Area pandang tidak disetel
  • Teks terlalu kecil untuk dibaca
  • Konten lebih lebar dari layar
  • dan sebagainya.

 

Google Indeks (Google Index)

Google Indeks menampilkan berbagai macam data dari hasil crawling dan indexing bot Google di website Anda. 4 sub-menu yaitu Status Indeks, Kata Kunci Konten, Sumber Daya yang Diblokir, dan Hapus URL.

Status Indeks (Index Status)

Jumlah halaman di website yang sudah di index Google. Disini juga bisa melihat jumlah halaman yang dicekal (halaman yang tidak dimasukkan index karena dibatasi oleh robots.txt).

Kata Kunci Konten (Content Keywords)

Menampilkan kata kunci – kata kunci (keywords) yang menurut Google relevan dengan website Anda. Perlu diingat, ini tidak ada hubungannya dengan ranking Anda di SERP untuk kata kunci – kata kunci tersebut. Kata kunci konten ini dapat menjadi bahan untuk membuat artikel / konten baru.

Sumber Daya yang Diblokir (Blocked Resources)

Resources yang diblokir di website Anda (dari robots.tx) seperti javascript, CSS, JQuery, file image dan sebagainya. Pastikan Anda tidak memblokir akses ke berbagai resources di website Anda melalui robots.txt agar robot Google bisa dengan mudah melakukan crawling dan indexing.

Hapus URL (Remove URLs)

Fitur yang digunakan jika Anda ingin menghapus salah satu halaman di website Anda dari indeks Google. Mempunyai halaman yang menurut Anda tidak SEO friendly (private), Anda bisa menggunakan fitur ini.

 

Perayapan (Crawl)

Perayapan (crawl) yang dilakukan oleh robot Google di website Anda, Perayapan terdiri dari 4 sub-menu yaitu Kesalahan Perayapan, Statistik Perayapan, Ambil sebagai Google, Penguji robots.txt, Peta Situs, dan Parameter URL.

Kesalahan Perayapan (Crawl Errors)

Fitur ini menampilkan data kesalahan yang terjadi di website, ketika robot Google melakukan perayapan dalam 90-120 hari terakhir seperti kesalahan DNS, konektivitas server, pengambilan robots.txt, halaman-halaman 404, dan sebagainya.

Pastikan semua aman dan ter check list warna hijau

Note: jika terjadi error segera di perbaiki !!, notifikasi ini akan berubah minimal 30 hari kedepan.

Lihat semua versi dektop & mobile, analisa dan perbaiki semua kesalahan yang ada, ini adalah kesalah yang riskan dan perlu segera dikerjakan. apabila telah diperbaiki pada sisi website segera: checklist + Mark as Fixed.

Statistik Perayapan (Crawl Stats)

Data statistik perayapan dalam 30 – 90 hari terakhir mulai dari halaman yang dirayap perhari, data yang diunduh perhari dan waktu yang dibutuhkan untuk mengunduh sebuah halaman.

Ambil sebagai Google (Fetch as Google)

Berfungsi untuk mensimulasikan cara robot Google (Googlebot) merayapi dan merender (menyajikan dalam bentuk visual) website Anda & mempercepat indexing website mereka jika ada edit / penambahan konten baru.

Pilih mode: Dekstop / Mobile -> tekan tombol “FETCH”, Cara ini dilakukan jika hanya ada perubahan / Update konten. Gunakan fitur ini sewajanya ! jangan terlalu sering nanti bisa terindikasi SPAM.

Penguji robots.txt (robots.txt Tester)

Menguji apakah file robots.txt di website Anda sudah benar dan tidak memblokir halaman/resource yang penting. Jika Anda ingin menghalangi Googlebot merayapi salah satu direktori di website.

Catatan: Harap hati2 menggunakan fitur ini, Jika ingin tau lebih dalam tentang robots.txt, bisa baca disini: https://support.google.com/webmasters/answer/6062608?hl=id

Peta Situs (Sitemaps)

Fitur Google console ini menjadi sangat penting, Mengirim peta situs (sitemap) agar Googlebot lebih mudah menemukan Konten baru di website secara cepat. Cara menambahkan peta situs / sitemap.xml

Menu: Crawl > Peta situs

Pilih tombol Add/Tes sitemap, tuliskan “sitemap.xml” selanjunya submit.

Pastikan blog atau website telah memiliki file sitemap.xml, untuk wordpress bisa gunakan plugin SEO: All in one seo pack pada menu: sitemap XML, Tutorial setup bisa baca pada pembahasan: https://www.seosatu.com/panduan-seting-plugin-all-in-one-seo-pack/

Parameter URL (URL Parameters)

Gunakan fitur ini hanya jika Anda yakin bagaimana parameter bekerja. Kesalahan mengecualikan URL dapat menyebabkan banyak laman tidak muncul dalam penelusuran.

 

Masalah Keamanan (Security Issues)

Jika ada masalah penting tentang keamanan di website Anda, biasanya ada pemberitahuan di menu ini.

Masalah keamanan yang paling sering terjadi adalah adanya malware, script-script mencurigakan atau situs yang diretas (hacking).

 

Sumber Daya Lainnya (Other Resources)

Menu & fitur Layanan Google lainnya yang bisa dipakai untuk membantu mengoptimalisasi website Anda.

Layanan-layanan tersebut antara lain :

  • Alat Pengujian Data Terstruktur (Structured Data Testing Tool)
  • Pemandu Markup Data Terstruktur (Structured Data Markup Helper)
  • Penguji Markup Email (Email Markup Tester)
  • Google Bisnisku (Google My Business)
  • Google Merchant Center
  • PageSpeed Insights
  • Penelusuran Khusus (Custom Search)
  • Google Domain (Google Domains)
  • Akademi Webmaster (Webmaster Academy).

 

Demikian panduan lengkap webmaster tools atau Google console yang bisa kita sampaikan, saat ini Goole console telah miliki versi terbaru (namun masih versi BETA).



Baca Juga:

4 thoughts on “Panduan lengkap Google Search Console ( Webmaster Tools )

  1. Avatar for Lathifah SLathifah S

    Cara memperbaiki masalah teks yang terlalu kecil untuk dibaca gimana, min?. Aku dapat pemberitahuan dari search console.

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      ukuran font standar SEO: 16 px, edit saja kode css: body{ font-size:16px;}

  2. Avatar for AbuhamzahAbuhamzah

    Mo naya gan,..
    Search console saya tiba – tiba eror,
    search trafick itu gak ndeteks alias 0 (gak ada data)
    itu saya gak paham kapan tepatnya mulai seperti itu
    Link to your site cuman 13, padahal di ahrefs masih ratusan
    solusinya gimana ya

    Reply
    1. Avatar for Tn. AndreasTn. Andreas

      coba check kode verifikasi apakah ada yang terhapus, dan bisa coba Add URL pada homepage, agar google update data terbaru dr web agan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *